Kamis, 30 Desember 2010

Apa Itu Lowongan Kerja

Apa Itu Lowongan Kerja?


Lowongan Kerja atau lowongan pekerjaan adalah suatu "celah" dimana seseorang bisa mendaftarkan diri untuk diterima dalam sebuah perusahaan atau tempat kerja. Sebenarnya pemakaian kata "celah" di sini tidak merujuk pada suatu benda atau hal yang real, melainkan pada sesuatu yang abstrak. Hal ini karena celah pekerjaan yang dimaksud adalah berupa kesempatan kerja yang disediakan oleh perusahaan atau tempat kerja.
Kesempatan kerja tersebut juga bersifat relatif, tergantung dari management sebuah perusahaan apakah sudah memerlukan tambahan pegawai atau belum. Efektivitas kerja juga cukup menentukan di sini. Sebuah perusahaan atau tempat kerja boleh jadi mempunyai jumlah pegawai yang sedikit, namun jika semua pekerjaan dapat diselesaikan secara maksimal, dapat dikatakan perusahaan tersebut memiliki evektivitas pekerja yang cukup baik.
Jadi jumlah pegawai bukan menjadi tolok ukur sebuah perusahaan itu efektif atau tidak. Bisa jadi sebuah perusahan atau tempat kerja memiliki pegawai yang cukup banyak, namun pekerjaan tidak selesai-selesai, ini tentu bukanlah model sebuah perusahaan yang bagus.
Atau sebaliknya, sebuah perusahaan mempunyai sedikit pegawai namun karena pekerjaan yang banyak menyebabkan kerjaan tidak selesai-selesai. Management yang baik, tentu akan berpikir bagaimana menambah pegawai atau karyawan. Nah dalam situasi seperti ini, sebuah lowongan pekerjaan "tercipta".
Situasi seperti ini sangat dicari terutama bagi anda yang sedang membutuhkan pekerjaan.

Contoh peluang Pekerjaan sekaligus bisnis online:

Tips #01
Apakah anda sudah pernah melakukan penyimpanan file secara online? Atau setidaknya melampirkan file di email?
Jika pernah, berarti anda bisa sudah punya modal utama untuk berbisnis online. Sebuah situs bernama Ziddu.com menyediakan fasilitas simpan-bagi file secara gratis dengan kuota yang tak terbatas. Dan setiap ada orang yang mendownload file yang kita simpan di Ziddu, kita bisa mendapatkan komisi.
Ini mirip lagu anak-anak: "sik-asik-asik nabung". Nabung (upload) sekarang, dan biarkan orang lain "menghasilkan" uang untuk kita, sementara kita bebas untuk mandi, kuliah, bekerja bahkan tidur.
Asalkan sudah menjadi anggota ziddu, kita tambahkan sedikit demi sedikit file yang perlu kita upload. Tidak harus sekaligus, bisa sambil jalan. Jadi tunggu apa lagi, miliki segera keanggotaan Ziddu.com. Mumpung masih gratis.

Siapa saja yang membuat bursa lowongan pekerjaan?

Jika di singgung siapa-nya tentu halaman ini akan menjadi panjang untuk menulis satu persatu "pelaku" pembuka lowongan pekerjaan. Namun jika ditinjau dari penyebabnya, kita bisa meringkas menjadi 2 alasan mengapa seseorang atau sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan.

Karena perusahaan membutuhkan tambahan pekerja

Ini bisa terjadi, misalnya dalam perusahaan produksi, sebuah perusahaan menerima order yang overload. Mau tidak mau, perusahaan tersebut harus membuka lowongan pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan produksi, sebuah perusahaan mau tidak mau harus menambah jam kerja atau membuka lowongan pekerjaan agar pegawai tidak kelelahan. Pegawai yang kelelahan, tentunya justru menurunkan kemampuan produksi.

Karena perusahaan membutuhkan pengganti pekerja

Penggantian pegawai dalam sebuah perusahaan dibutuhkan jika seorang pegawai sudah tidak capable dalam menangani sebuah pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Entah itu karena yang bersangkutan pindah kota, sakit, atau bahkan meninggal. Untuk mempertahankan kemampuan produksi, tentunya sebuah perusahaan akan mencari penggantinya. Dan tentunya ini akan membuka lapangan kerja baru.

Mengapa seseorang mencari Lowongan Kerja?

Salah satu alasan kuat mengapa orang mencari pekerjaan adalah karena alasan finansial alias untuk membiayai kehidupannya. Sebagai orang yang beriman, kita percaya bahwa rejeki sudah diatur oleh Alloh. Tapi terkadang, rejeki harus diupayakan terlebih dahulu, baru datang. Tidak peduli dari arah mana rejeki tersebut datang. Kadang rejeki datang dari arah yang tidak kita sangka-sangka.
Jadi beberapa orang mencari pekerjaan untuk mendapatkan rejeki. Dan dalam konteks yang lebih sempit, uang = rejeki. Meskipun rejeki tidak = uang. Ini mirip dengan konsep ayam = unggas. Tapi unggas terkadang tidak = ayam. Bisa bebek, angsa, dll.
Beberapa orang dikaruniai kelebihan materi sehingga bukan tujuan finansial yang dicarinya. Namun tujuan sosial atau tujuan mencari kesibukan. Namun orang-orang yang seperti ini tentunya diluar konteks dalam pembahasan kita kali ini.
Pembahasan kita lebih mengacu pada kebutuhan orang akan pekerjaan karena alasan finansial yang boleh dikatakan alasan uang.

Kapan waktu terbaik untuk mencari Lowongan Pekerjaan?

Jika anda termasuk orang yang sedang mencari kerja, waktu terbaik untuk mencari pekerjaan akan tergantung dalam 2 hal.
Yang pertama, apakah anda sedang berada pada posisi segera membutuhkan pekerjaan atau tidak segera membutuhkan pekerjaan.
Orang yang segera membutuhkan pekerjaan biasanya tidak banyak pilih-pilih dalam bekerja. Dan sebaliknya orang yang tidak segera membutuhkan pekerjaan, cenderung akan pilih-pilih dalam bekerja.
Sebenarnya, kedua hal tersebut memiliki sisi positif maupun sisi negatif. Orang yang tidak pilih-pilih dalam bekerja, boleh jadi menemukan pekerjaan yang kurang cocok di hati. Sebaliknya orang yang terlalu pilih-pilih dalam bekerja bisa jadi memiliki etos kerja yang kurang. Kedua hal tersebut adalah suatu kemungkinan dilihat dari segi negatif. Namun jika kita melihat dari sisi yang lain, kedua hal tersebut juga memiliki sisi positif antara lain:
Seseorang yang tidak pilih-pilih dalam bekerja, bisa jadi memiliki etos kerja yang tinggi. Dan bisa jadi mendapatkan pekerjaan yang sangat dia senangi. Dan begitu pula sebaliknya, seseorang yang cermat dalam memilih pekerjaan, boleh jadi adalah orang yang memiliki semangat kerja yang tinggi pula. Tentunya kita tidak bisa memungkiri bahwa ada karakter seseorang yang sulit jatuh cinta, tapi sekali jatuh cinta tak akan bangun selamanya hehe becanda.
Namun diluar itu semua, ada sebuah perkataan yang cukup bijak untuk kita renungkan:
"do what you love" and "love what you do"
Dalam konteks pekerjaan itu berarti:
"Kerjakan pekerjaan yang kau cintai" dan "Cintai pekerjaanmu".
Sebuah kalimat yang mencerminkan keseimbangan antara pilih-pilih dan cermat dalam memilih.

Dimana kita bisa menemukan pekerjaan?

Disadari atau tidak, bursa lowongan pekerjaan sebenarnya bertebaran di muka bumi ini. Entah itu bursa pekerjaan di koran, bursa pekerjaan di radio atau bursa pekerjaan di dunia internet. Tapi tentunya kita bukanlah orang yang asal dalam asal dalam mencari pekerjaan. Pekerjaan yang kita geluti nantinya haruslah pekerjaan yang baik. Selain itu, pekerjaan tersebut haruslah halal. Lebih ideal lagi jika pekerjaan tersebut memberikan pemasukan yang besar bagi pemenuhan kebutuhan hidup kita. Beberapa orang mungkin mengartikan bahwa; pekerjaan tersebut menghasilkan uang yang banyak. Namun apakah uang menjadi tolok ukur sebuah pekerjaan?
Jawabannya bisa ya, bisa tidak. Jawabannya bisa ya, jika dihadapkan pada pertanyaan: siapa yang tidak butuh uang. Dan jawabannya bisa tidak jika kita ingat bahwa uang bukan segala-galanya dalam hidup ini.
Mungkin intinya ada pada sebuah perkataan: Segala hal mungkin butuh uang, tapi uang bukan segala-galanya.

Bagaimanakah mencari pekerjaan yang halal, sesuai dengan kapasitas kita, dan memberi pemasukan yang besar bagi kita?
Ini adalah pertanyaan yang mungkin kerap di pikirkan oleh orang yang tengah terjun dalam mencari pekerjaan di bursa lowongan pekerjaan. Mirip dengan pertanyaan bagaimana mendapatkan barang yang sangat bagus, top markotop, dan weleh-weleh namun dengan harga yang sangat murah atau kalau bisa gratis?
Jawabannya adalah; tidak selalu mudah.
Namun bisa saja terjadi.
Tentu saja. Dengan Izin Alloh, apapun bisa terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar