Kamis, 30 Desember 2010

contoh kalimat makna ,kalimat sinonim ,kalimat hiponimi,kalimat homonimi,kalimat polisme,kalimat antonimi

1. Contoh kalimat Sinonim :
   Mati = Wafat
> Teroris itu mati ditembak oleh polisi,Teroris itu wafat dalam penyergapan di pamulang jawa tengah.
2. Contoh kalimat hiponimi
Misalnya antara kata Melati dan kata Bunga, dapat dikatakan melati adalah bunga tetapi bunga bukan hanya melati, bisa saja mawar dan anggrek.
> Mamaku kemarin membeli Bunga banyak sekali, ada melati,mawar dan anggrek.
3.  Contoh kalimat homonimi
     Misal kata bisa yang berarti sanggup dan kata bisa yang berarti racun ular.
> pada saat saya sedang jalan saya digigit oleh ular dan bisa ular itu terasa masuk kedalam tubuh saya, untung saja ayah saya bisa segera menolong saya dengan membawa saya ke rumah sakit.
4. Contoh kalimat polisemi
      Misalnya kata “Kepala”
> Kepala orang itu besar sekali seperti terkena penyakit.(kepala berarti bagian tubuh manusia)
> Ayahku menjadi kepala sekolah di deket rumahku. (kepala berarti pimpinan)
5. Contoh kalimat antonimi
      Misalnya kata Surga dan Neraka
> Apabila kita berbuat baik maka kita akan masuk surga dan apabila kita berbuat jahat maka kita akan masuk neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar